Selasa, 24 Juni 2008

Islam dan Dinasti Yuan

Sewaktu bangsa Mongol memerintah Negara China, kerajaannya dikenal dengan Nama Dinasti Yuan. Kerajaan itu telah mengamalkan dasar pemerintahan yang memihak kepada umat Islam.

Selain diberikan kebebasan untuk berdagang, beberapa pemimpin Islam juga diangkat dalam jabatan yang penting dalam kerajaan. Pada 1244, Kubilai Khan telah mengangkat Abdul Rahman Sebagai ketua keuangan Dinastinya, Syeh Ajall dan Umar Shamsuddin, keduanya berasal Bukhara, diangkat pula sebagai ketua keuangan dan Gubernur Yunnan pada tahun 1259. Syeh Ajjal telah diberi gelar sebagai “ Sai Tien Che “

Pengangkatan itu menunjukan bahwa umat Islam memegang kedudukan sosial politik yang tinggi dan mendapat sambutan yang istimewa dari kerajaan. Hal ini juga ada hubungannya dengan pihak Mongol terhadap Negara Negara Islam di Timur tengah. Setelah berhasil menaklukan Baghdad 1253, pihak pemerintahan Mongol telah mengundang tentara Islam dan keturunan Arab dan Parsi Untuk membangun Dinastinya di China . Tentara itu telah menetap di China dan melakukan pernikahan dengan Masyarakat setempat. Salah satu tentara Islam yang terkenal yaitu Chi Zanshi al-Din telah di angkat sebagai panglima perang di Yunnan.

Tidak ada komentar:

chinese muslim